Yuk Simak Tips Menjadi Customer Service yang Handal

Tips Menjadi Customer Service yang Handal – Persaingan usaha setiap tahun akan selalu bertambah, khususnya dalam bidang internet. Perusahaan dituntut untuk memberikan produk berkualitas namun dengan harga yang terjangkau. Selain melalui produknya, perusahaan juga dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik mereka. Agar penjualan dan nama perusahaan terus meningkat, diperlukan customer service yang baik. Lalu bagaimana menjadi seorang layanan konsumen yang baik ?

Tips Menjadi CS yang Disukai Pelanggan

Tips Menjadi Customer Service yang Handal

1. Fast Respon

Pelanggan tentu menginginkan pelayanan yang baik dan cepat dalam berbagai hal, seperti dalam memberikan informasi atau memberikan solusi pada suatu masalah. Apabila respon serta penanganan yang diberikan lama, sudah pasti akan menjadi nilai minus untuk perusahaan. Oleh karena itu agar pelanggan merasa nyaman, setidaknya kita harus meresponnya sekecil apapun. Apabila anda sedang mengerjakan pekerjaan lain, bisa mengatakan untuk menunggu sejenak kepada konsumen.

2. Berkomunikasi dengan Baik

Dimanapun dan kapanpun, sebagai seorang customer service dituntut agar mampu berkomunikasi dengan baik terhadap pelanggan. Bahasa yang digunakan haruslah ramah, sopan, dan jelas. Kejelasan dalam hal pelafalan, serta dalam menyampaikan informasi atau solusi dari keluhan pelanggan.

3. Berikan yang Terbaik untuk Pelanggan

Apabila kita mampu melayani pelanggan dengan baik, otomatis pelanggan tersebut akan menceritakannya kepada orang lain. Pengalaman tersebut akan dinilai oleh konsumen sebagai bagian dari entitas perusahaan, yang memberikan layanan terbaik mereka untuk pelanggan. Konsumen tidak akan ragu untuk memberikan poin positif dan menyebarkannya dalam konektivitas mereka.

Baca Juga  Customer Service Telkomsel – Bagaimana Cara Menghubunginya?

Apabila seorang staf customer service hanya menjalankan prosedur pelayanan dan tidak ada interaksi yang mengesankan pelanggan, tetap tidak akan dikenang baik oleh pelanggan. Interaksi spontan antara konsumen dan staf pelayananlah yang bisa menghasilkan respon positif, baik untuk konsumen maupun perusahaan.

4. Kuasai Produk

Apabila kita sudah pintar berkomunikasi dengan baik dan benar, semua itu tidak akan berguna apabila anda tidak mengusai produk yang dijual. Apabila anda tidak memahami sepenuhnya keunggulan dari produk yang ditawarkan ini, tentu pelanggan pun akan ragu untuk membeli produk tersebut. Kuasai terlebih dahulu produk yang dijual, sehingga pelanggan bisa percaya akan kualitas barang yang kita pasarkan.

5. Berikan Informasi yang Nyata

Semua orang pasti akan merasa terbohongi jika janji layanan yang diberikan tidak sesuai dengan kenyataan. Oleh karena itu, ketika anda menjadi seorang staf pelayanan usahakan jangan memberikan janji atau informasi yang tidak ada pada produk. Justru jika janji yang kamu ucapkan tidak terpenuhi, akan membuat citra perusahaan semakin turun.

Berikan informasi yangi realistis serta mengacu pada kenyataan produk. Contohnya seperti suatu bank membutuhkan waktu 5 hari untuk pencairan uang, sebagai customer service jangan katakan jika proses dapat dilakukan dalam hitungan jam. Atau ketika proses registrasi sesungguhnya hanya membutuhkan waktu 2 hari, namun anda mengatakan membutuhkan waktu 5 hari tentu pelayanan yang seperti ini mengurangi nilai dimata pelanggan.

Penilaian seorang staf pelayanan konsumen dimulai dari pelanggan, oleh karena itu berikan pelayanan serta sikap terbaik anda. Seluruh sikap dan bahasa yang anda gunakan sangat berpengaruh pada citra perusahaan, tentu kita tidak ingin jika citra perusahaan menurun karena pelanggan merasa kurang puas dengan pelayanan yang diberikan. Perlakukan pelanggan dengan baik, dan gunakan bahasa yang sopan, rapi, dan jelas dihadapan konsumen.

Baca Juga  Customer Service (CS) Indosat yang Bisa Dihubungi

Submit Your Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *