Mendaftar BPJS melalui Call Center BPJS Kesehatan

Mengalami masalah dengan pelayanan BPJS Kesehatan? Anda bisa langsung coba menghubungi call center BPJS kesehatan. BPJS yang merupakan singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan telah melakukan pengotimalan selaras dengan perkembangan teknologi yang pesat. Salah satunya adalah dalam bentuk pengoptimalan Care Center.

Care Center merupakan salah satu pusat informasi dan pengaduan jika terjadi kendala atau kesulitan bagi pengguna jasa, selain itu call center BPJS Kesehatan sebagai salah satu alternatif kanal pendaftaran peserta mandiri. Nah, dengan perkembangan ini, seseorang yang ingin mendaftar menjadi peserta BPJS bisa langsung menghubungi Care Center tersebut.

Cara Mendaftar BPJS Melalui Call Center BPJS Kesehatan

Call Center BPJS Kesehatan

Rupanya informasi ini masih belum banyak diketahui. Masih banyak orang – orang yang mendaftar menjadi peserta BPJS secara manual, yaitu dengan datang ke kantor BPJS terdekat. Padahal, hal tersebut bisa dilakukan dengan cara menghubungi care center atau call center BPJS Kesehatan, yaitu pada dengan telepon ke nomor 1500400.

Dengan layanan tersebut, daftar menjadi peserta BPJS menjadi lebih praktis. Anda tidak perlu lagi mengantri, cukup telepon dari rumah, dan semua urusan akan selesai. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan saat ingin mendaftar menjadi peserta BPJS melalui call center BPJS.

Sebelum mendaftar, Anda harus menyiapkan beberapa berkas yang menjadi persyaratan mendaftar menjadi peserta baru BPJS Kesehatan, diantaranya adalah nomor Kartu Keluarga, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor rekening tabungan (BRI/BNI/Mandiri), nomor handphone, alamat email, dan alamat domisili/tempat tinggal (untuk pengiriman kartu). Setelah semua persyaratan tersebut telah lengkap, calon peserta dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400 dan dilayani oleh Agent Care Center.

Baca Juga  Hubungi Call Center Lakupon

Proses pendaftarannya adalah melalui percakapan yang dilakukan melalui media telepon tersebut. Pembicaraan akan direkam oleh Agent yang bertugas dan direkam untuk dijadikan bukti pendaftaran. Untuk itu, jangan sampai pembicaraan terputus ditengah jalan, pastikan semua proses pendaftaran telah selesai dilakukan sebelum menutup telepon.

Selanjutnya, Anda akan mendapat nomor Virtual Akun (VA) dan dikirim ke nomor handphone atau email calon peserta. Setelah Anda mendapat nomor tersebut, Anda diwajibkan untuk melakukan pembayaran iuran pertama, paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari. Anda bisa melakukan pembayaran iuran BPJS pertama ke bank dan menandatangani persetujuan untuk menggunakan mekanisme autodebet untuk pembayaran iuran selanjutnya. Jika peserta sudah melakukan pembayaran pertama, BPJS Kesehatan pun akan mengirimkan kartu JKN-KIS ke alamat yang diinformasikan peserta pada saat mendaftar.

Sosial Media BPJS Kesehatan

Call Center BPJS Kesehatan (1)

Call center BPJS Kesehatan juga telah terintegrasi dengan beberapa akun media sosial milik BPJS Kesehatan, sehingga peserta dapat mengakses seluruh informasi dan penanganan pengaduan peserta. Masyarakat juga bisa mengadukan pertanyaan atau keluhan melalui beberapa media sosial tersebut, bisa melalui FaceBook, Twitter dan Instagram.

Selain call center BPJS Kesehatan, untuk melakukan pengaduan juga bisa Anda lakukan dengan cara menggunakan aplikasi LAPOR!!! di website resmi BPJS Kesehatan.

Nah, itulah tadi salah satu informasi penting tentang cara mendaftar menjadi peserta BPJS kesehatan melalui call center BPJS Kesehatan. Sekarang Anda tidak perlu ribet lagi datang ke kantor hanya untuk mendaftar. Selain itu, jika terjadi keluhan atau memiliki pertanyaan, Anda bisa langsung menghubungi call center BPJS Kesehatan, dan Anda akan mendapat informasi yang akurat dan terpercaya.

Submit Your Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *